PERMENDIKBUD

Selasa, 25 Juli 2017

MODUL 6 Layanan Pendidikan Bagi Siswa Sekolah Dasar Kegiatan Belajar 1 Prinsip-Prinsip Bimbingan di Sekolah Dasar



MODUL 6
Layanan Pendidikan Bagi Siswa Sekolah Dasar
Kegiatan Belajar 1
Prinsip-Prinsip Bimbingan di Sekolah Dasar
A.    Pengertian Bimbingan
Menurut Agus Taufik (2007), istilah bimbingan pada umumnya dipahami sebagai upaya memberikan arahan, panduan, nasihat dan biasanya mengandung nilai-nilai yang bersifat menuntun ke arah yang baik.
Menurut Agus Taufik (2005) bimbingan merupakan terjemahan dari suatu istilah dalam bahasa Inggris, yaitu guidance yang akar katany adalah guide. Shertzer dan Stone (1966) mengemukakan beberapa padanan dari kata guide yaitu: to direct, pilot, manage or steer.
 
Bimbingan sering dipadankan dengan “konseling” yang diadopsi dari bahasa Inggris yaitu Counseling yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi “penyuluhan”. Pada akhir tahun sembilan puluhan , istilah penyuluhan dianggap tidak cocok lagi karena konotasinya lebih bersifat pemberian informasi, sedangkan konotasi konselng lebih bersifat hubungan antar dua pribadi, yaitu antara konselor dengan yang diberi bantuan.
Dari definisi yang ada dapat disimpulkan bahwa bimbingan adalah sebagai suatu proses membantu individu siswa untuk dapat memahami diri,mengenal lingkungan dan merencanakan masa depannya, sehingga diharapkan dapat mencapai perkembangan yang optimal sebagai pribadi dan sebagai anggota masyarakat yang demokratis.



B.     Tujuan Bimbingan Di Sekolah dasar
Tujuan bimbingan dan konseling adalah memberi kemudahan belajar pada siswa SD agar mereka dapat belajar dengan percaya diri, menyadari kekurangan dan kelebihannya serta mampu berinteraksi secara baik dengan lingkungannya.
C.     Fungsi Bimbingan Di Sekolah
Ada 6 fungsi bimbingan di sekolah yaitu:
1.      Fungsi Pengungkapan
2.      Fungsi Penyaluran
3.      Fungsi Penyesuaian
4.      Fungsi Pencegahan
5.      Fungsi Perkembangan
6.      Fungsi Perbaikan
D.    Prinsip- prinsip Bimbingan di SD
Ada 8 prinsip dalam bimbingan di SD yaitu :
1.      Bimbingan untuk semua
2.      Bimbingan di SD dilaksanakan oleh guru semua kelas
3.      Bimbingan diarahkan untuk perkembangan kognitif dan afektif
4.      Bimbingan diberikan secara insidental dan informal
5.      Bimbingan ditekankan pada tujuan belajar dan kebermaknaan belajar
6.      Bimbingan difokuskan pada aset
7.      Bimbingan terhadap proses pendewasaan
8.      Program bimbingan dilaksanakan secara bersama
E.     Peran Guru Dalam Program Bimbingan dan Konseling
Dalam Proses bimbingan guru memiliki peran penting, karena guru mempunyai hubungan yang sangat dekat dengan siswa, sehingga siswa lebih terbuka terhadap guru. Bimbingan di SD dilaksanakan oleh guru kelas bersamaan dengan kegiatan pembelajaran.

Tidak ada komentar: