Format 1:
Evaluasi Diri Guru
Format
1: Evaluasi Diri Guru untuk Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (diisi oleh Guru)
Nama Sekolah: .............................
|
Nomor Statistik
Sekolah:
|
||
Alamat: Jalan ...............
|
Kecamatan: .................
|
Kabupaten/Kota: .................
|
|
Nama Guru: .............
|
Tahun Ajaran:2011/2012
|
Tanggal: ........................
|
|
A.
Kompetensi Inti
|
Evaluasi diri terhadap kompetensi terkait
|
||
Pedagogik
|
|||
1. Menguasai karakteristik peserta
didik
|
Saya masih belum
memahami bagaimana mengenali karakteristik peserta didik saya dalam aspek
sosial dan intelektual dalam pelaksanaan pembelajaran
|
||
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang
mendidik
|
Saya tidak
mengalami masalah dalam menerapkan teori belajar dalam pembelajaran
|
||
3. Pengembangan kurikulum
|
Pengembangan
silabus dan RPP sudah dipahami, namun belum paham cara membuat silabus dan
RPP untuk IPA terpadu
|
||
4. Kegiatan belajar yang mendidik
|
Saya sudah
menerapkan teori-teori belajar yang sekarang dirujuk,misalnya
konstruktivisme, menurut saya dengan menerapkan teori itu sudah melaksanakan
kegiatan belajar yang mendidik
|
||
5. Pengembangan potensi peserta didik
|
Saya belum dapat
mengoptimalkan pengembangan potensi peserta didik dalam aspek pengembangan
berpikir tingkat tinggi (HOTs)
|
||
6. Komunikasi dengan peserta didik
|
Saya masih belum
mengusai teknik-teknik bertanya dan berkomunikasi secara efektif dengan
peserta didik
|
||
7. Penilaian dan evaluasi
|
Saya sudah memahami
cara mengembangkan instrumen penilaian untuk aspek kognitif, tetapi belum
paham bagaimana mengembangkan instrumen penilaian untuk aspek afektif dan
psikomotor
|
||
1.
Kepribadian
|
|||
8. Bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan
nasional
|
Saya sudah
menunjukkan sikap dan perilaku sesuai dengan norma agama yang saya yakini dan
norma-norma hukum serta sosial yang berlaku
|
||
9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
Saya
sudah berusaha menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil, tidak
emosional dalam menghadapi masalah dan bergaul dengan rekan sejawat dan
peserta didik
|
||
10. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa bangga
menjadi seorang guru
|
Saya sudah
menunjukkan kedisiplinan, tanggung jawab dalam melaksanakan tugas saya
sebagai guru
|
||
2.
Sosial
|
|||
11. Bersikap inklusif, bertindak objektif serta tidak
diskriminatif
|
Saya selalu
berusaha bergaul dengan rekan sejawat dengan tidak membedaka bedakan gender
maupun tingkat sosial, serta berusaha adil kepada peserta didik
|
||
12. Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang
tua, peserta didik, dan masyarakat
|
Saya belum memiliki
keterampilan berkomunikasi secara ilmiah di forum/komunitas ilmiah baik
melalui media cetak maupun elektronik
|
||
3.
Profesional
|
|||
14. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran yang diampu
|
Saya masih
memerlukan penguatan untuk beberapa topik pelajaran, di antaranya
tentang materi bioteknologi di SMP dan
aspek kimia di SMP
|
||
15. Pengembangan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
|
Saya
masih belum memahami cara menyusun proposal PTK, melaksanakan PTK, dan
menyusun laporan PTK
|
||
Berbagai hal terkait
dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti tersebut
1.
Publikasi Ilmiah
|
|
||
a.
Usaha-usaha yang telah saya
lakukan untuk memenuhi dan
mengembangkan 14 kompetensi inti tersebut.
|
Saya sering
mengikuti kegiatan di MGMP (8 kali pertemuan) membahas model-model
pembelajaran, menyusun soal, bedah SKL, lesson study, dan mendiskusikan
dengan teman sejawat
|
||
b.
Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan
mengembangkan kompetensi inti tersebut.
|
Kendala
yang masih saya hadapi di antaranya kesulitan mencari bahan bacaan/sumber
belajar, keterbatasan waktu, dan pembimbingan dari nara sumber
|
||
c. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti
pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut
|
Setelah
saya mengikuti kegiatan di MGMP, saya merasakan pembelajaran saya lebih baik
dari sebelumnya, peserta didik lebih aktif, pencapaian hasil belajar peserta
didik untuk beberapa topik sudah melampaui KKM
|
||
d.
Pengembangan keprofesian
berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan
mengembangkan kompetensi inti tersebut.
|
Saya
masih memerlukan pengetahuan dan keterampilan mengenai penerapan
strategi/model pembelajaran yang inovatif, pengetahuan dan keterampilan
membuat instrumen sikap dan psikomotor, melaksanakan PTK
|
||
2. Kompetensi
menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|
||
a.
Usaha-usaha yang telah saya
lakukan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah
|
Saya baru belajar
kepada rekan guru yang sering menulis karya ilmiah
|
||
b. Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi
ilmiah
|
Kendala yang masih
saya hadapi adalah kesulitan memulai menulis, belum paham bentuk-bentuk karya
tulis ilmiah
|
||
c. Keberhasilan
yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk menghasilkan
publikasi ilmiah
|
Belum berdampak
kepada keterampilan saya dalam menghasilkan karya ilmiah
|
||
3.
Kompetensi menghasilkan Karya
Inovatif
|
|
||
a.
Usaha-usaha yang telah saya
lakukan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya inovatif
|
Membuat
alat peraga dari bahan sekitar
|
||
b.
Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan karya
inovatif
|
Keterbatasan
dalam anggaran, waktu, dan sumber belajar
|
||
c.
Keberhasilan
yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan
untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk untuk
menghasilkan karya inovatif
|
Di
MGMP belum secara khusus membahas materi yang berhubungan dengan karya
inovatif
|
||
4. Kompetensi
untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
|
||
a.
Usaha-usaha yang telah saya
lakukan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang
berkualitas.
|
Saya
sudah belajar dan mengggunakan beberapa program dasar untuk mengoperasikan
komputer dan program TIK untuk pengembangan diri (internet)
|
||
b.
Kendala
yang saya hadapi dalam memenuhi dan
mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan
pembelajaran yang berkualitas.
|
Kendala
yang masih saya hadapi adalah jaringan internet sering bermasalah
|
||
c. Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti
pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
|
Pembelajaran
lebih menarik karena ada variasi sumber belajar
|
||
d.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi
penunjang pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas
|
Saya
masih memerlukan pengetahuan dan keterampilan mengembangkan pembelajaran
berbasis ICT
|
||
5. Kompetensi
untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala
Perpustakaan, dsb)
|
|
||
a.
Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan
tugas tambahan tersebut
|
-
|
||
b.
Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk
melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
-
|
||
c.
Keberhasilan yang saya capai setelah
mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan
mengembangkan kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan tersebut
|
-
|
||
Format
2: Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator dan Guru)
Nama Sekolah:
|
Nomor Statistik Sekolah:
|
|||||||||
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
Kecamatan:
|
||||||||
Nama Guru:
|
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
||||||||
A.
Kompetensi
|
Rencana Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang
akan dilakukan Guru untuk peningkatan kompetensi terkait
|
Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(diisi dengan memberi tanda √)
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||||
a
|
b
|
|||||||||
Pedagogik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1. Menguasai karaktertik peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang
mendidik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3. Pengembangan kurikulum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4. Kegiatan belajar yang mendidik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5. Pengembangan potensi peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
6. Komunikasi dengan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
7. Penialian dan evaluasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Kepribadian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
8. Bertindak sesuai norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan
nasional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
9. Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
10. Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa bangga menjadi
seorang guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Sosial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
11. Bersikap inklusif, bertindak objektif serta tidak diskriminatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
12. Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua,
peserta didik, dan masyarakat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Profesional
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
13. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
14. Pengembangan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Berbagai Hal terkait dengan
pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti tersebut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
B.
Kompetensi
menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
C.
Kompetensi
menghasilkan Karya Inovatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
D.
Kompetensi
untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
E.
Kompetensi
untuk melaksanakan tugas tambahan (misalnya Kepala Sekolah, Kepala
Perpustakaan, dsb)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Tanda tangan Guru:
|
Tanda tangan Kepala Sekolah:
|
|||||||||
Catatan:
1.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
oleh guru sendiri
2.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
bersama guru lain
3.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
di sekolah
4.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
di KKG/MGMPMGBK
5.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
oleh institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6.
Kebutuhan
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi
(diajukan/di-koordinasikan oleh Dinas Pddk untuk dipertimbangkan.
Format
3: Rencana
Final Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Nama Sekolah:
|
Nomor Standar
Sekolah:
|
||||||||||||||||||||||
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
Kecamatan:
|
|||||||||||||||||||||
Tahun Ajaran:
|
Tanggal:
|
||||||||||||||||||||||
No
|
Nama Guru
|
14 Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
untuk
menghasilkan
Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif
|
Kompetensi
penunjang
pembelajaran berkualitas
|
Kompetensi
melaksanakan
tugas tambahan
|
||||||||||||||||||
Pedagogik
|
Kepribadian
|
Sosial
|
Profesional
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Koordinator
Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan
|
Diketahui
oleh:
|
||||||||||||||||||||||
Ketua Komite
Sekolah
|
Kepala
Sekolah
|
||||||||||||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar