Selamat Datang

Bagi pecinta dunia pengetahuan selamat datang dan selamat mengasah, asih dan asuh untuk kesejahteraan bagi diri dan lingkungannya......

Sabtu, 29 Januari 2011

MODEL-MODEL EVALUASI

MODEL-MODEL EVALUASI
1. Model Evaluasi CIPP
Tokohnya adalah : Stufflebeam

Definisi evaluasi adalah suatu proses yang menggambarkan, memperoleh dan menyediakan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan.

Terdapat 4 pedoman kerja :

· Contect evaluation to serve planning decision, membantu merencanakan keputusan kebutuhan yang akan dicapai oleh program.

· Input evaluation, structuring decision, modal dan rencana strategi yang ditetapkan untuk mencapai kebutuhan (dalam pendidikan, tujuan-tujuan pendidikan )

· Proces evaluation, to serve implementing decision. Pelaksanaan strategi dan penggunaan modal dalam krgiatan di lapangan .

· Product evalution, to serve recycling decision.Hasil yang dicapai baik selama maupun pada akhir pengembangan sistem yan bersangkutan.

2. Model Stake membagi menjadi 3 kategori, yaitu: antecedents (Conext),Trasaction ( process ) dan outcomes (output).

Antecedents dimaksudkan adalah input yang ada pada sistem dikembangkan, transactions dimaksudkan adalah dimensi yang mencakup rencana kegiatan maupun proses kegiatan di lapangan , sedangkan outcomes adalah hasil yang dicapai .

3. Evaluasi Model UCLA ( 1969)

Tokohnya adalah ALKIN.

Definisi evaluasi adalah sebagai proses meyakinkan keputusan untuk memilih informasi yang tepat, mengumpulkan dan menganalisis informasi sehingga dapat melaporkan rimgkasan data yang berguna bagi pembuat keputusan dalam memilih alternatif.

Ada 5 pedoman dalam evaluasi:

a) Sistem assesment

b) Program planning

c) Program implementation

d) Program improvement

e) Program certification.

4. Model Brinkerhoff

Tokoh : Brinkerhoff ( 1983), ia mengemukakan tiga golongan evaluasi yang disusun berdasarkan penggabungan elemen-elemen yang sama seperti evaluator-evaluator yang lain.

Terdapat 3 versi ,yaitu :

· Fixed vs Emergent Evaluation Design

· Formative vs Summating Evaluation

· Experimental and Quasi Experimental

Tidak ada komentar:

jangan ditiru...!!!!

jangan ditiru...!!!!

ALBUMKU......