Kepala sekolah tangguh adalah kepala sekolah yang memiliki:
1. visi, misi,strategi.
2. kemampuan mengkoordinasikan dan menyerasikan sumberdaya dengantujuan.
3. kemampuan mengambil keputusan secara terampil;
4. toleransi terhadap perbedaan pada setiap orang, tetapi tidak toleran terhadap orang-orang yang meremehkan kualitas, prestasi, standar, dan nilai-nilai;
5. memobilisasi sumberdaya;
6. memerangi musuh-musuh kepala sekolah;
7. menggunakan sistem sebagai caraberpikir, mengelola, dan menganalisis sekolah;
8. menggunakan input manajemen;
9. menjalankan perannya sebagai manajer, pemimpin, pendidik, wirausahawan,regulator, penyelia, pencipta iklim kerja, administrator, pembaharu, dan pembangkit motivasi;
10. melaksanakan dimensi-dimensi tugas, proses, lingkungan, dan keterampilan personal
11. menjalankan gejala empat serangkai yaitu merumuskan sasaran, memilih fungsi-fungsi yang diperlukan untuk mencapai sasaran, melakukan
analisis SWOT, dan mengupayakan langkah-langkah untuk meniadakan persoalan;
12. menggalang teamwork yang cerdas dan kompak; (
13. kegiatan-kegiatan kreatif;
14. menciptakan sekolah belajar;
15. menerapkan manajemen berbasis sekolah;
16. memusatkan perhatian pada pengelolaan proses belajar mengajar
17. memberdayakan sekolah.
*) Slamet PH, MA,MEd,MLHR, Ph.D. adalah dosen Program Pasca Sarjana Universitas Yogyakarta,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar