Selamat Datang

Bagi pecinta dunia pengetahuan selamat datang dan selamat mengasah, asih dan asuh untuk kesejahteraan bagi diri dan lingkungannya......

Kamis, 23 Desember 2010

Artikel motivasi inovasi

MOTIVASI INOVASI

Oleh : Kastowojatilawang

Guru adalah sosok manusia yang diberi kemampuan lebih oleh Tuhan dari pada sang murid ( siswa ), karena mendapatkan pengetahuan lebih awal. Guru dalam proses pembelanjaran dituntut untuk kreatif dan inovatif. Ciri-ciri inovasi yang dikemukakan Rogers adalah sebagai berikut :

1. Keuntungan relatif, yaitu sejauh mana inovasi menguntungkan bagi penerimannya.

2. Kompatibel ( compatibility ), yaitu tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai,pengalaman lalu dan kebutuhan dari penerima.

3. Kompleksitas (complexity), yaitu tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerimannya.

4. Trialibilitas (trialibility), yaitu dapat dicoba atau tidaknya suatu inovasi oleh penerimanya.

5. Dapat diamati (observability), yaitu mudah tidaknya diamati suatu hasil inovasi.

Maka dari pada itu supaya pembelajaran menarik perlu inovasi kreatif dalam segala lini pembelajaran mulai dari perencanaan pembelajaran, metode yang variatif, sikap yang santai tetapi serius. Ini akan membuahkan output yang positif pula dan maksimal. Terutama sebagai pendukung pembelajaran yang komunikatif dan apresiatif adalah penggunaan alat peraga ( media pembelajaran ).

Dalam dunia yang semakin berkembang dengan cepatnya kita dituntut untuk menyelaraskan teknologi positif dalam setiap gerak nadi kehidupan. Terutama kita harus dituntut untuk melek teknologi. Kita jangan hanya menjadi penikmat tehnologi saja tetapi yang lebih penting adalah aplikasi positif dari teknologi itu sendiri. Guru yang melek IT ( informasi teknologi ) diharapkan dapat memperkaya khasanah kebudayaan pengetahuan. Mengapa demikian karena tuntutan jaman sudah mengejolak sampai begitu dahsyatnya.

Inovasi

Macam inovasi dari aplikasi teknologi antara lain penggunaan televise, radio, tape recorder, computer. Dan yang terakhir ini bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran yang sangat efektif. Komputer dengan beberapa sofwer maka kita bisa memperkaya pengetahuan dan pembuatan bahan ajar serta media yang baik. Inovasi yang bisa dibuat antara lain CD pembelajaran untuk VCD/DVD player conec televisi, CD pembelajaran interaktif untuk komputer. Dan tidak ada hal yang tak bisa dilakukan bila kita mau mencoba, mencoba, dan mencoba.

CD Pembelajaran Interaktif

Pembuatan CD pembelajaran interaktif bisa dimulai dengan sofwer yang mudah dahulu dari setiap komputer pasti ada yaitu power point. Kita bisa membuat materi dengan cara yang mudah mulai dari design sampai costum animasi semua bisa di buat disini. Dan yang sangat menarik ada hiperlink. Dengan hiperlink kita bisa menyembunyikan materi. Dengan button yang ada tinggal di klik maka akan tampil dari data atau materi yang tersembunyi.

Setelah semua jadi maka kita buat save power point presentation dan show power point. Dan bila siswa dengan panduan dari CD tersebut tanpa gurupun dapat mengerjakan tugas-tugas materi yang diberikan.

Dan yang perlu diperhatikan pada komputer harus ada sofwer burn, misalkan dari nero. Setelah dibakar ( burn ) maka anak –anak bisa memakai. Sangat menyenangkan dan hasilnya bagus. Seperti yang pernah penulis lakukan pada bulan Desember 2008. Tingkat ketuntasan anak-anak di atas 80 %.

Motivasi

Hal yang perlu disambut gembira oleh pengguna teknologi adalah kita tidak usah pergi ke toko buku, perpustakaan atau tempat lain yang mebutuh waktu, tenaga dan biaya. Dengan biaya yang relatif murah ( terjangkau ) para guru bisa mengakses kebutuhan kita yang berhubuingan dengan pendidikan. Dari yang tingkat sederhana sampai ke tingkat yang paling sulit.

Kita tinggal berhadapan dengan komputer maka segala data lewat International Network ( internet ) semua bisa kita dapat. Inilah yang menjadi semangat kita untuk melaju pesat secepat pesatnya perkembangan teknologi. Kita tingal klik monzila atau sejenisnya dan menulis mesin pecari data dengan gogle atau yahoo lalu kita tulis maksud kita maka disitu banyak pilihan untuk mengakses data. Tidak ada pengetahuan yang sia-sia. Semua diciptakan Tuhan untuk doeksplorasi dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk manusia.

Untuk internet yang sekarang ini walau tak ada jaringan telepon kabel kita bisa menggunakan jaringan seluler. Dan yang baru ngetrend dan hanya setiap bulan mengeluarkan dana yang terjangkau sepanjang hari dapat mendapatkan data-data internet tapa henti. Dan yang tak kalah pentingnya bahwa BOS mulai tahun ini naik. Maka hal ini dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan pendidik dan anak didik.

Kita terutama kalangan aktivis pendidikan janganlah berpangku tangan tetapi marilah berkembang maju mengkonstruktif kehidupan pendidikan diisi dengan berbagai inovatif kreatif positif dan aplikatif.

Bila kita mau sedikit maju maka Tuhan akan memberi balasan yang setimpal, percayalah.

By :

Kastowojatilawang

e-mail : kastowojatilawang@yahoo.com

Web : http://jatilawang-tulisan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

jangan ditiru...!!!!

jangan ditiru...!!!!

ALBUMKU......