PERMENDIKBUD

Selasa, 13 Maret 2012

Lembar Observasi Praktek PKM, PGSD

Di bawah ini adalah lembar Observasi untuk Praktek PKM Mahasiswa UT. Bagi Mahasiswa yang 
sedang melaksankan kegiatan praktek tersebut bisa mendownloadnya. Silahkan, semoga 
bermanfaat. Selamat !
Lembar Observasi Praktik PKM

Lembar Observasi Praktik PKM
Nama Mahasiswa/NIM                            :
Mata  Pelajaran/Tema                             :
Kelas                                                           :
Hari/Tanggal                                             :         
Pokok bahasan/Sub pokok bahasan     :

No.

Aspek yang diobservasi*)
Kemunculan**
Komentar
Ada
Tidak
 Ada

1.
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran)



2
Memberikan tuntunan (keterampilan bertanya)



3
Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)



4
Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)



4
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang  bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)



5
Memberikan contoh (keterampilan mengadakan variasi)



6
Menggunakan media yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)



7
Memberikan penguatan (keterampilan memberi penguatan)



8
Membimbing diskusi (keterampilan membimbing diskusi kelompok besar dan kecil)



9
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)


10
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan



11.
Memberikan balikan (keterampilan menutup pelajaran)




dst



**) beri tanda Ö

KESIMPULAN : ..........................................................................................................................................................................................................................................................................

Mengetahui,


Kota, tanggal bulan tahun
Kepala sekolah

Supervisor 2






Nama jelas

Nama jelas
NIP.........
No. HP..................

NIP.........
No. HP...................

Tidak ada komentar: