...................................................
................., 16 Mei 2016
Nomor :421.7/ Kepada
Sifat : Segera Yth.
KepalaDisdikcam
Perihal :Petunjuk Pelaksanaan
FLS2N SD, Se - Kabupaten Pati
Menyanyi
Tunggal Nasionalisme SD, dan
Lomba Gerak dan Lagu
Nasionalisme TK (Taman Kanak-Kanak)
Tingkat Kabupaten Tahun 2016
DiberitahukandenganhormatbahwaDinasPendidikanKabupatenPatiakanmengadakan
Festival danlombaSeniSiswaNasional (FLS2N) SD, Menyanyi Tunggal Nasionalisme SD,
danLombaGerakdanLaguNasionalisme Taman Kanak-KanaktingkatKabupatenPatitahun
2016.
I.
TEMA :
FESTIFAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) :
1. Tema :
“Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti”
2. Sub Tema :
“Melalui FLS2N Kita Tingkatkan Budi Pekerti, Cinta Tanah Air,
Apresiasi dan Kreatifitas Seni Budaya
bangsa”.
II. JENIS LOMBA :
a. Festifal
Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)
:
1.
Lomba PidatoBahasa
Indonesia
2.
Lomba
Membuat Gambarbercerita
3.
Lomba Menyanyi
Tunggal
4.
Lomba
Seni Tari Kreasi Baru
5.
Lomba Kriya anyam
6.
LombaPantonim
7.
Lomba Seni Musik (Pianika)
8.
Lomba Seni Baca Al Qur’an
9.
Lomba
Cipta dan
Baca Puisi
10.
Lomba Lukis/Melukis
11.
Lomba Membatik
12.
Lomba Cipta Puisi
b. Lomba
Menyanyi Tunggal NasionalismeJenjang
SD
c. Lomba GerakdanLaguNasionalismeJenjangTK
III. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN :
Hari :Sabtu
Tanggal : 28Mei 2016
Waktu : Pukul 07.30 WIB
Tempat : Kecamatan .............................
IV. TEMU TEHNIK :
Hari : Kamis
Tanggal : 26 Mei 2016
Waktu : Pukul09.00
WIB
Tempat : DinasPendidikanKabupaten..............
Keterangan : SetiapDinasPendidikanKecamatan mengirimkan2 orangwakil.
V. KETENTUAN LOMBA
A. FESTIVAL
DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N)
1.
LOMBA PIDATO
BAHASA INDONESIA
1.1.
Topik Lomba Pidato
Topik dapat dipilih salah satu diantara lima
pilihan di dawah ini:
a.
Semangat
Menjadi Insan Indonesia yang Membanggakan (tujuan: mengingatkan anak bahwa
siapa pun dapat menjadi insan yang membanggakan)
b.
Menyiapkan
Diri Menjadi Pemimpin Masa Depan (Tujuan: mengingatkan anak bahwa untuk menjadi
pemimpin masa depan yang membanggakan dapat dimulai dengan menyiapkan mental
sejak sekolah dasar)
c.
Membiasakan
diri Membaca dan Menulis Sejak di SD (Tujuan: mengingatkan anak bahwa dengan
membaca dan menulis sejak di Sekolah Dasar, pengetahuan akan bertambah dan
kepiawaian menulis dapat terlatih dan menjadi bekal masa depan)
d.
Mengenal
Budaya Daerah untuk Lebih Mencintai Indonesia (Tujuan: mengingatkan anak bahwa
budaya Indonesia tidak kalah dengan budaya asing)
e.
Melestarikan
Budaya Bangsa Menuju Insan yang berakhlak mulia (Tujuan: mengingatkan anak agar
berperilaku sesuai dengan budaya bangsa Indonesia).
1.2.
Teknispelaksanaan
a.
Babak
Penyisihan:
·
Babak
penyisihan diikuti oleh seluruh peserta, yang kemudian ditetapkan 6 finalis;
·
Peserta
memilih salah satu topik dari lima topik yang telah tersedia;
·
Peserta
menyerahkan naskah pidato kepada juri sebelum pelaksanaan lomba;
·
Peserta
menyampaikan pidato disediakan waktu maksimal 10 menit (boleh membaca naskah).
b.
Babak
Final
·
Babak
final diikuti oleh 6 finalis, yang kemudian ditetapkan juara I, II, dan III
·
Peserta
memilih salah satu topik dari lima topik yang telah tersedia, selain yang telah
dipilih pada babak penyisihan
c.
Peserta
diberi waktu selama 2 jam (120 menit) untuk mengonsep dan/atau menyusun
sistematika/kerangka pidatonya
d.
Kerangka
pidato disampaikan kepada dewan juri sebelum pelaksanaan pidato
e.
Pidato
dilaksanakan tanpamembaca naskah, tetapi boleh membawa/melihat kerangka
pidato yang telah dipersiapkan.
f.
Waktu
yang disediakan dalam penyampaian pidato 10 s.d. 15 menit.
1.3.
Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a.
Penguasaan
bahasa (penggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ketepatan lafal,
tekanan kata, intonasi kalimat, dan pilihan kata yang dapat dipahami oleh
anak-anak)
b.
Isi
pidato (Sistematika, kesesuaian topik dan isi)
c.
Teknik
pidato (a.l. dapat meyakinkan hadirin atau sekadar membaca, tergantung atau
tidak tergantung pada teks)
d.
Penampilan
(gaya, ekspresi gerak dan mimik, kerapian dari mulai masuk pentas s.d.keluar
dari pentas)
e.
Kepercayaan
diri
f.
Keaslian
naskah (betul-betul ide dari peserta dan belum pernah dimuat di media).
2. LOMBAMEMBUAT GAMBAR
BERCERITA
2.1.
Topik Gambar bercerita
Topik / Tema utama: “Mengembangkan
karakter dan prestasi melalui kreasi Seni”.
Yang tujuannya adalah
menanamkan untuk mencintai Tanah Air Indonesia dengan segala keragaman dan
kekayaan budayanya, memupuk budi pekerti dan karakter bangsa Indonesia yang
Bhinneka Tunggal Ika.
2.2.
Ketentuan
Lomba
a.
Gambar
bercerita adalah gambar yang memiliki narasi-visual yang menceritakan suatu
kejadian disuatu tempat, gambar menceritakannya tanpa penggunaan tulisan/teks.
Biasanya ditampilkan melalui bahasa tubuh/gerak tubuh dan ekspresi wajah.
Gambar bercerita
bukan komik. Gambar bercerita bukan cergam (cerita bergambar), bukan ilustrasi
dari sebuah cerita tertulis. Gambar bercerita bukan rangkaian
potongan-potongan gambar.
Contoh gambar
bercerita, gambar yang menggambarkan suasana dan kesibukan di tempat
darmawisata. Beragam kejadian dan kegiatan di tempat darmawisata itu
ditampilkan dalam satu bidang gambar, sehingga dapat menceritakan suasana tanpa
perlu ada penjelasan tulisan.
b.
Peserta membuat karya gambar
sesuai tema/topic yang ditentukan oleh Panitia;
c. Karya berupa gambar yang menceritakan tema (topik);
d.
Peserta
mencantumkan data pada kertas gambar bagian belakang meliputi:
Nomor Peserta :..............................
Judul karya :..............................
Matrial Yang digunakan :..............................
Kecamatan :..............................
2.3.
Bahan
a.
Kertas
khusus gambar ukuran 40 cm x 50 cm
b.
Krayon
c.
Pensil
warna (Watercolour pencils)
d.
Spidol
e.
Pensil
2 B dan 3 B
f.
Penghapus
dan peraut pensil
Catatan : Peserta menyediakan bahan dan alat sendiri
kecuali kertas gambar disediakan
Panitia
2.4.
Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian didasarkan pada aspek:
a. Aspek Edukasi
1) Gambar dan isi cerita sifatnya mendidik
sesuai dengan norma kesusilaan dan tidak bertentangan dengan unsur PARAS
(pornografi, agama, ras antargolongan, dan suku);
2) Pengetahuan dan wawasan;
3) Memahami dan
mengetahui makna (tema & cerita) yang dipilih.
b. Aspek Cerita
Aspek cerita mencakup
:
1) Kehidupan atau dunia anak-anak (siswa
sekolah dasar);
2) Sederhana dan komunikatif;
3) Isi cerita yang
dibuat dalam bentuk gambar harus sesuai dengan judul yang dipilih.
c. Aspek Gambar
Aspek gambar mencakup
kreativitas :
1) Keaslian;
2) Ekspresi & daya ungkap ide atau
gagasan (Kompleksitas: Kekayaan rupa/keragaman objek yang digambarkan dan
keunikan);
3) Peguasaan media dan teknik yang dipilih;
4) Mampu mengkomposisikan dan menyusun
unsur-unsur visual (garis, warna dan objek objek) dalam gambar dengan baik;
5) Bentuk cerita yang
ditampilkan alami dan bisa dimengerti (masuk diakal).
2.5.
Waktu : maksimal 3 jam
2.6.
Penentuan
Juara
Penentuan Juara berdasarkan perolehan nilai maksimal yang
mengacu pada kreteria penilaian lomba, kemudian ditetapkan juara I, II, dan III
3. LOMBA MENYANYI TUNGGAL
3.1.
Judul
Lagu
a.
Lagu
Wajib :
1) “Doa Anak Negeri”
ciptaan Donny Hardono/ D. Prasetyo;
2) “Indonesia Jaya”
ciptaan Chaken M;
3) “Kebyar-Kebyar”
ciptaan Gombloh;
4) “Wa E Wa E O”
(Kita Bisa) ciptaan Yovie Nuno & His Friends;
5) “Berkibarlah Bendera negriku” ciptaan
Gombloh.
b.
Lagu
Pilihan Bebas, adalah lagu daerah yang
dipilih dan dipersiapkan oleh peserta sesuai dengan daerahnya masing-masing
yang liriknya sesuai usia peserta, dengan ketentuan:
1)
Menggunakan
bahasa daerah setempat;
2)
Iringan
musik (minus one) minimal menggunakan 2 (dua) alat instrumen etnis setempat;
3)
Iringan
musik dalam format CD Audio dengan resolusi tinggi;
4)
Durasi
lagu termasuk intro dan coda maksimal 5 menit;
5)
CD
Audio dicoba setelah pengambilan nada dasar dan no undian;
6)
CD
Audio tidak perlu dikumpulkan ke panitia. Peserta membawa sendiri CD yang akan
digunakan peserta saat lomba berlangsung;
7)
Partitur
lagu daerah berupa notasi (balok atau angka) dan lirik serta sinopsis dan
terjemahannya dalam bahasa Indonesia dikumpulkan pada saat pengambilan nada
dasar dan no undian peserta di tempat lomba.
3.2.
Teknikpelaksanaan
Peserta menyanyikan :
a.
Satu
Lagu Wajib Pilihan dan;
b.
Satu
Lagu Daerah sesuai dengan ketentuan;
c.
Pelaksanaan
lomba terdiri dari:
·
Babak
pennyisihandiikuti semua peserta, yang kemudian ditetapkan 6 finalis
·
Babak
final diikuti oleh 6 finalis, yang kemudian ditetapkan juara I, II, dan III
·
Finalis
menyanyikan :
1)
Lagu
wajib, “Andai Aku Besar Nanti” ciptaan Elfa Secioria/Vera Syl;
2)
Satu
lagu daerah sesuai daerahnya. (Boleh lagu yang sama atau berbeda dengan babak
penyisihan).
3.3.
Iringanlagu
Peserta dalam babak penyisihan dan final menyanyikan lagu
dengan diiringi piano.
3.4.
Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a.
Materi
vokal;
b.
Teknik;
c.
Ekspresi/penjiwaan;
d.
Penampilan;
e.
Kemampuan
komunikasi dengan audiens.
f.
Aransemen
Catatan
:AlatdanPianismembawasendiri.
4. LOMBA TARI
KREASI BARU
Tari Kreasi Baru yang
dimaksud adalah Menciptakan karya tari sesuai dengan usia anak, baik secara
gerak, tema, kostum, tata rias serta memunculkan nilai-nilai, roh, spirit
budaya setempat.
Bentuk
akhir dari karya, tema yang diangkat ke dalam karya dapat tergambar dengan
jelas, mengandung kekuatan tradisi lokal dan kekayaan budaya lokal tidak hanya
terlihat dari ragam-ragam gerak saja namun juga terlihat pada nuansa musik,
kostum, properti, adegan atau peristiwa yang terjadi di panggung.
4.1.
Ketentuan
a.
Materi
yang ditampilkan adalah seni tari kreasi baru yang berakar pada budaya bangsa
Indonesia
b.
Menyerahkan
sinopsis tarian yang akan ditampilkan
c.
Durasi
penampilan 5-7 menit
d.
Jumlah
peserta 5 orang
e.
Setiap
kelompok boleh terdiri atas laki-laki atau perempuan atau campuran (laki-laki dan perempuan)
f.
Musik
iringan menggunakan kaset, CD atau iringan musik hidup dan disiapkan oleh
masing-masing peserta
g.
Kostum tari, tata rias dan penunjang lainnya
disiapkan oleh peserta, dan disesuaikan dengan tema dan usia peserta;
h.
Properti tari (benda atau alat yang digunakan
penari), tidak diperkenankan menggunakan properti benda tajam, kecuali berupa
imitasi yang terbuat dari bahan lunak dan aman;
i.
Pemenang terdiri dari juara 1, 2 dan 3;
j.
Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
4.2.
Tema
Mengangkat
hal-hal yang berkaitan dengan anak dan kekhasan atau keunikan daerah setempat,
tentang cinta alam lingkungan, atau tentang kepedulian sosial, per-mainan anak
dan lain-lain.
4.3.
Kriteria
Penilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a.
Koreografi
(Kreatifitas dan penataan gerak yang sesuai dengan kemampuan anak dan tema);
b.
Tema
(Inovasi penerapan tema dalam karya, tema sesuai dengan yang sudah ditentukan);
c.
Performance
(penampilan utuh; penyampaian dan penghayatan penari terhadap tema, kesesuaian
musik tari, kesesuaian kostum dan tata rias dengan tema dan usia anak).
5. LOMBA
KRIYA ANYAM
Kriya merupakan ekspresi ungkap seni terapan
dalam berkarya yang dibuat dalam jumlah terbatas, menonjolkan teknik
keterampilan mengolah material, metoda kerja, dengan hasil yang lebih
mengutamakan segi nilai estetik serta keunikan dan nilai guna.
5.1.
Ketentuan
a.
Peserta
membawa hasil karya yang sudah dilombakan ditingkat Kecamatan, kemudian
memamerkan di tempat yang telah disediakan;
b.
Peserta wajib membuat ulang karyanya;
c.
Konsep (terdiri gambar, desain dan peralatan serta cara
membuat/proses kerja) disampaikan kepada panitia sebelum pelaksanaan lomba;
d.
Peserta membuat karyanya ditempat dan waktu sesuai dengan
jadwal (3 s.d. 6 jam)
5.2.
Bentuk
karya
Bentuk karya kriya anyam memiliki nilai fungsi (dapat
digunakan sesuai fungsi) dan estetika dengan ukuran maksimum: panjang 40 cm x lebar 40 x tinggi 40 cm (Boleh lebih kecil dan atau
lebih besar sedikit disesuaikan dengan proporsi produk karya yang di buat)
5.3.
Bahan
dan Perlengkapan
a.
Bahan
dasar yang digunakan adalah bahan alam yang mudah diperoleh di lingkungan
sekitar, seperti : bambu, kayu, rotan, pelepah pisang, kulit, akar-akaran, tali
ijuk, enceng gondok, pandan, batang padi dll. yang sudah siap anyam (tidak
perlu diolah lagi);
b.
Perlengkapan/
peralatan dan bahan dibawa sendiri oleh masing-masing peserta dengan jumlah
yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Bahan yang digunakan material siap anyam (bukan
dalam bentuk bahan dasar), tidak boleh barang jadi/rakitan/tinggal pasang;
c.
Alat
yang digunakan dalam pembuatan boleh alat manual atau semi mesin (elektrik);
d.
Karya
dapat diwarnai dengan bahan sintetis atau campuran (dilakukan sebelum
perlombaan) kecuali finishing (melapisi karya dengan vernis, clear atau
politur);
e.
Karya
harus dikombinasi dengan kawat seng galvanis BWG 6 (5mm) dan atau BWG 10
(3mm), dengan catatan dominasi anyaman tetap diutamakan (komposisi kuranglebih
kawat 25%, anyaman 75%).
5.1.
Tema
Terampil,
kreatif dan berkarakter melalui Kriya Anyam yang memiliki inovasi modern.
5.2.
Kriteria Penilaian
a.
Kreativitas
Kesesuaian dengan
ketentuan lomba dan karya yang dibuat memiliki nilai originalitas).
Inovasi (memberikan
tawaran alternatif baru baik dari bentuk, bahan dan fungsi)
Keluwesan dan
Kelancaran (Penguasaan sifat material yang dipilih peserta lomba terkait dengan
teknik, tingkat kesulitan, dan kerumitan anyaman).
b.
Visual
(Presisi, unik dan mempunyai nilai artistik)
c.
Fungsi/kegunaan
produk hasil anyaman.
d.
Ekonomis
(Memungkinkan memiliki nilai ekonomi)
6.
LOMBA
PANTOMIM
6.1.
Ketentuan
a.
Materi
pantomim yang ditampilkan berakar pada budaya bangsaa Indonesia dan tidak
menyinggung Pornografi , Agama, Ras,
Antar Golongan, dan Suku (Paras);
b.
Menyerahkan sinopsis cerita yang ditampilkan;
c.
Durasi penampilan 5 – 10 menit;
d.
Jumlah peserta satu grup terdiri dari 2 (dua) orang;
e.
Peserta boleh laki-laki atau perempuan;
f.
Musik iringan menggunakan flash disc atau CD dalam format MP3
disiapkan oleh masing-masing peserta;
g.
Kostum dan make up pantomime disiapkan oleh peserta;
h.
Tidak diperkenankan menggunakan properti apapun;
6.2.
Tema
Tema lomba pantomim:
a.
"Kreasi
Seni yang memancarkan prestasi dan membentuk karakter mulia" (Melalui Seni
Pantomim Membentuk Pribadi yang Percaya Diri dan Kreatif)
b.
Cinta
kasih (Keluarga, teman, ciptaan Tuhan, Negara);
c.
Budaya
(Sopan santun, perduli lingkungan, saling menghormati, kedisiplinan).
6.3.
Kriteriapenilaian
a.
Konsep
(ide dan gagasaan)
b.
Gerak
(teknik dan harmonisasi)
c.
Ekspresi
(imajinasi dan mimik wajah)
d.
Penampilan
(make up dan lostum))
e.
Kekompakan
(kreativitas)
7. LOMBA SENI MUSIK (PIANIKA)
7.1.
Teknis Pelaksanaan
a.
Pelaksanaan
lomba seni musik (pianika) ini mengacu kepada lomba menampilkan lagu-lagu
yang dimainkan peserta dengan menggunakan pianika secara solo atau tunggal.
b.
Peserta
wajib membawa instrumen yang dilombakan, yaitu pianika, yang memiliki wilayah
nada dengan wilayah nada ± 3 oktaf sesuai dengan aransemen lagu;
c.
Kualitas
pianika dari masing-masing peserta sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.
d.
Keputusan
Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
7.2.
Judul Lagu
a.
Lagu Pilihan Wajib terdiri dari:
1) Tanah
Airku, ciptaan Ibu Sud;
2) Nyiur
Hijau, ciptaan R. Maladi;
3) Rayuan
Pulau Kelapa, ciptaan Ismail Marzuki;
4) Bermain
Musik, ciptaan Elfa Secioria dan Dewayani;
5) Cinta untuk
Mama, ciptaan Seli Pontoh dan Vidi Aldiano.
6) Doa Anak Negeri ciptaan Donny
Hardono dan D.Prasetyo.
b.
Lagu Pilihan Bebas adalah lagu daerah yang dipilih dan
dipersiapkan oleh peserta sesuai dengan daerahnya masing-masing dan disesuaikan
dengan perkembangan usia peserta. Ketentuan untuk Lagu Pilihan Bebas adalah:
1)
Durasi
lagu termasuk intro dan coda maksimal 5 menit;
2)
Partitur
lagu daerah berupa notasi (balok atau angka) dan sinopsis lagu dalam Bahasa
Indonesia harus sudah diterima panitia pada saat pengambilan nomor undian
peserta.
7.3.
Pakaian
Peserta diharapkan
tidak memakai baju daerah lengkap, tetapi menggunakan kostum dengan corak
kedaerahan atau lokal dari masing-masing daerah asal peserta, misalnya; batik,
tenun, songket, atau asesoris dengan corak/motif kedaerahan yang khas. Disain
kostum/pakaian disesuaikan dengan perkembangan usia peserta, baik secara etis
dan estetis, tanpa mengganggu ruang gerak dan kenyamanan peserta ketika tampil
dalam perlombaan.
7.4. Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian dilakukan
berdasarkan aspek:
a.
Penguasaan materi;
b.
Teknik permainan;
c.
Ekspresi/penjiwaan;
d. Penampilan.
Indikator
dari masing-masing aspek kriteria penilaian mencakup :
1) Penguasaan Materi :
a. Ketepatan nada dan ritme
sesuai dengan partitur aransemen lagu
b. Kesesuaian tempo dengan
partitur aransemen lagu;
c.
Kesesuaian tanda-tanda ekspresi musik pada partitur aransemen lagu (misalnya
tanda dinamika, artikulasi, perubahan tempo, dll).
2) Teknik Permainan:
a. Teknik pernafasan (intonasi);
b. Teknik penjarian;
c. Pemenggalan kalimat lagu
(frasering).
3) Ekspresi/ Penjiwaan:
a. Interpretasi (pemaknaan
lagu);
b. Pembawaan atau penjiwaan
makna lagu;
c.
Blending (harmonisasi) dan balancing (keseimbangan)
4) Penampilan:
a. Penggunaan corak lokal
pada kostum yang digunakan peserta;
b. Etika peserta dalam
pertunjukan;
c.
Kesesuaian penampilan (kostum, tata rias, dan gerakan) dengan perkembangan usia
peserta.
8. LOMBA / MUSABAQOH SENI BACA AL QUR’AN
8.1.
Tujuan
a.
Penghayatan
dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai implementasi dari pemahaman rukun
iman;
b.
Untuk
membina dan mengembangkan minat, bakat peserta didik dalam ketepatan membaca
dan kecakapan mempelajari kitab suci Al-Qur’an.
8.2.
Tema
”MTQ SD Sarana untuk meningkatkan kecintaan
terhadap kitab suci Al-Qur’an”.
8.3.
Pengertian Musabaqah
Musabaqah
Tartil Al-Qur’an (MTQ) adalah suatu jenis lomba membaca Al Qur’an dengan
martabat Murattal, yaitu bacaan Al Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca,
seni baca dan adab membaca, sesuai dengan kaidah-kaidah Tajwid, Fashahah, Irama
dan Suara yang indah dan merdu.
8.4.
Maqra’/Materi Musabaqah
Maqra’/Materi adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang
harus dibaca oleh peserta yang ditentukan oleh Dewan Juri, sebagai berikut :
a.
Maqra’
terdiri atas ayat-ayat al-Qur’an dimulai dari juz 1 s.d juz 10;
b.
Qira’at
yang dibaca adalah Qira’at Imam ’Ashim Riwayat Hafsh, Thariq Asy-Syathibiyyah.
8.5.
Teknis Pelaksanaan Musabaqah
a.
Musabaqah
Tartil Al-Qur’an (MTQ) Tingkat SD dilaksanakan diikuti oleh seluruh peserta;
c.
Pemenang
/ juara terdiri dari juara 1, 2, dan 3
8.6.
Kriteria Penilaian
Kretaria penilaian cabang Musabaqah Tartil
Al-Qur’an adalah sebagai berikut:
a.
Bidang
Tajwid jenis yang dinilai: Makharij al huruf, Sifat al huruf, Ahkam al huruf,
Ahkam al mad Wa al Qashar. Nilai maksimal : 40.
b.
Bidang
Fashahah jenis yang dinilai : Ahkam al Waqfwa al Ibtida, Mura’at al huruf wa al
Harakat, Mura’at al Kalimatwa al ayat. Nilai maksimal : 30.
c.
Bidang
Irama dan Suara jenis yang dinilai: Suara, Irama dan Variasi (Lagu) Tempo
bacaan dan Pengaturan nafas. Nilai maksimal : 30.
9. LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI
Lomba Penciptaan Puisi
Spontan dan Lomba Pembacaan Puisi yang digabungkan secara bersamaan, menjadi
satu paket, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa agar menjadi pribadi
yang lebih unggul. Cara ini diharapkan supaya siswa memiliki kreativitas plus,
optimal, yakni mampu dalam menulis sekaligus mampu membaca puisi di depan
publik.
Penulisan puisi
dilakukan secara spontanitas, artinya siswa peserta menulis di tempat saat
lomba berlangsung.
9.1.
Tema Puisi
a.
Kehidupan
yang berkaitan dengan sekolah: semangat belajar, guru, teman, liburan sekolah;
b.
Kehidupan
yang berhubungan dengan rumah: orangtua (ayah, ibu), hubungan dengan keluarga;
c.
Kehidupan
yang berhubungan dengan masyarakat, semangat kebhinekaan;
d.
Kecintaan
pada alam: laut, gunung, sungai-sungai, lingkungan, kota, desa;
e.
Membangun
semangat kebangsaan, menghormati jasa para pahlawan;
f.
Mendorong
semangat kecintaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
9.2.
Ketentuan Penulisan
a.
Peserta
membawa alat tulis (pulpen, pensil) dan kertas;
b.
Pada
saat lomba berlangsung tidak diperkenankan membawa alat komunikasi dalam wujud
apapun;
c.
Saat
lomba berlangsung pihak guru, orangtua, pembina atau siapa saja yang punya
hubungan dengan siswa tidak diperkenankan mendekat, berkomunikasi di ruang
lomba;
d.
Penilaian
hanya dilakukan oleh tim dewan juri dan hasilnya tak bisa diganggu gugat.
9.3.
Kriteria Penilaian
a.
Naskah
puisi harus asli, orisinal karya pribadi, bukan kutipan, jiplakan karya orang
lain dan dan belum pernah dimuat di media;
b.
Kesatuan
antara isi dan bentuk;
c.
Kemampuan
mengolah imajinasi, metafora, personifikasi;
d.
Kemampuan
menggunakan bahasa Indonesia dengan ejaan yang baik dan benar;
e.
Tidak
mengandung unsur SARA.
f.
Karya
puisi dari peserta wajib dibacakan oleh peserta untuk mengikuti Lomba Baca Puisi
pada hari berikutnya.
9.4.
Aspek yang dinilai:
a.
Penafsiran (interpretasi) mampu memahami makna
puisi.
1). Olah sukma (penghayatan) meliputi daya konsentrasi
hingga ketepatan emosi;
2). Olah tubuh, bagaimana gerak tubuh, dari mimik
wajah, mata, tangan dan kaki saat mengekspresikan isi puisi.
b.
Vokal
1)
Artikulasi,
kejelasan dalam membaca teks puisi;
2)
Intonasi, penguasaan tempo membaca, penguasaan
ritme hingga penguasaan dinamika membaca.
c.
Penampilan (Performance)
1)
Kostum
yang digunakan bebas, rapi atau seragam sekolah dilengkapi asesoris yang
menggambarkan unsur budaya daerah;
2)
Kepercayaan
diri, tidak grogi dalam membaca;
3)
Tidak
salah membaca teks puisi;
4)
Sikap
santun, saat memulai hingga mengakhiri pembacaan puisi.
9.5
Ketentuan Pelaksanaan
a.
Waktu
penulisan selama dua jam (120 menit) termasuk perbaikan naskah hingga
membetulkan kesalahan huruf, agar karya tak ada coretan dan salah tulis;
b.
Panjang
tulisan maksimal 40 baris;
c.
Peserta
wajib melengkapi dengan membuat proses kreatif, yakni alasan menulis, darimana
memperoleh inspirasi. Waktu maksimum 1 (satu) jam;
d.
Peserta
wajib mencantumkan data-data berupa nama, asal kabupaten/kota pada naskah puisi
maupun kertas proses kreatif;
e.
Selama
lomba berlangsung juri ikut memantau, mengawasi peserta;
f.
Naskah
diserahkan kepada panitia rangkap 3 (tiga) lembar
10. LOMBA LUKIS (MELUKIS)
10.1. Topik Lomba
Tema : “Bangsa yang maju adalah
bangsa yang menghargai budayanya”
Sub-tema
a.
Mencintai
budaya sebagai wujut cinta tanah kelahiran
b.
Budaya
lokal adalah pembentuk karakter bangsa
c.
Menghargai
keragaman adalah modal membangun bangsa yang besar
10.2. Ketentuan lomba
a.
Peserta
menyerahkan lukisan jadi yang telah dilombakan di tingkat kecamatan, yang
merupakan asli karya sendiri.
b.
Lukisan
dibuat menggunakan:
· Kertas gambar ukuran 40 x 60 cm (disediakan Panitia)
· Pensil, pensil warna, crayon dan cat air (bebas) (peserta
membawa sendiri)
c.
Peserta
membuat lukisan yang dilombakan di tempat lomba dengan waktumaksimal
3 jam
10.3. Kriteria Penilaian
a.
Relevansi
tema
b.
Kemampuan
estetis
c.
Kreativitas
d.
Spontanitas
dan orisinalitas
11. LOMBA CIPTA PUISI
11.1. Topik
Lomba
Tema : “Bangsa yang maju adalah
bangsa yang menghargai budayanya”
Sub-tema
a.
Mencintai
budaya sebagai wujut cinta tanah kelahiran
b.
Budaya
lokal adalah pembentuk karakter bangsa
c.
Menghargai
keragaman adalah modal membangun bangsa yang besar
11.2. Ketentuan Lomba :
a.
Puisi
ditulis dengan rapi, menggunakan kertas folio bergaris, pena/bolpoin warna
hitam, minimal satu halaman.
b.
Menulis dan
menandatangani Surat Pernyataan Keaslian karya puisi.
c.
Karya puisi
belum pernah ditulis sebelumnya.
d.
Menggunakan
Bahasa Indonesia yang estetis.
e.
Pesertamenciptapuisidi tempat lomba sesuaitema
,denganwaktumaksimal 1 jam.
f.
Kertasdisediakanpanitia
11.3. Kriteriapenilaian :
a.
Relevansi
puisi dengan tema.
b.
Kemampuan
memilih diksi.
c.
Kesegaran
ungkapan.
d.
Spontanitas
dan orisinalitas.
e.
Keselarasan
rima dan ritma.
12. LOMBA MEMBATIK
12.1. Topik
Lomba
Tema : “Bangsa yang maju adalah
bangsa yang menghargai budayanya”
Sub-tema
a.
Mencintai
budaya sebagai wujut cinta tanah kelahiran
b.
Budaya
lokal adalah pembentuk karakter bangsa
c.
Menghargai
keragaman adalah modal membangun bangsa yang besar
12.2. Ketentuan lomba
a.
Peserta
menyerahkan karya batik yang telah dilombakan di tingkat kecamatan, yang
merupakan asli karya sendiri.
b.
Membuat
kain batik:
· Ukuran kain 50 x 50 cm
· Motif batik ornamen nusantara
· Menggunakan canting, lilin dan pewarna
c.
Karya yang
dibuat belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam berbagai lomba
d.
Proses
lomba membatik meliputi proses mendesain, memindahkan desain pada kain, hingga
membatik (nglowong, isen dan tembok).
e.
Penilaian
berdasarkan hasil akhir kain batik yang diselesaikan pada saat lomba.
f.
Peserta membuat karya
batik di tempat lomba dengan waktumaksimum 3 - 6
jam
12.3. Kriteriapenilaian
:
a.
Originalitas
karya
b.
Kemampuan
estetis (Komposisi dan Keseimbangan)
c.
Kreativitas
(ornamen utama, ornamen tambahan dan isian)
d.
Kerapian
karya
B. LOMBA MENYANYI TUNGGAL NASIONALISMEJENJANG SD
1.
Peserta
a.
Siswa
aktif pada jenjang SD baik Negeri maupun swasta;
b.
SetiapKecamatansebanyak 2 pesertayaitu 1 (satu)putradan 1 (satu)putri.
c.
Peserta
memakai pakaian seragam sekolah (putih-merah) dan diperbolehkan memakai
asesoris bernuansa kecintaan terhadap tanah air.
2.
Judul
Lagu
a.
Lagu
Wajib :
“Mars ABITA” Ciptaan Nicholas A.S.
b.
Lagu
Pilihan Terikat :
1)
Indonesia
Pusaka Ciptaan : Ismail
Marzuki
2)
Tanah
Airku Ciptaan
: Ibu Sud
3)
Rayuan Pulau
Kelapa Ciptaan : Ismail
Marzuki
3.
Ketentuan
:
a.
Penampilan
peserta dengan iringan Piano atau Organ Tunggal, atau dengan Minus One
(pengiring membawa sendiri);
b.
Durasi
penampilan untuk masing-masing peserta maksimal 10 menit dihitung sejak peserta
naik panggung dan memberikan salam/penghormatan kepada dewan juri. (menyanyi
hanya 1 kali/tidak diulang).
4.
Teknikpelaksanaan
Peserta menyanyikan :
a.
Satu
Lagu Wajib dan;
b.
DuaLagupilihan(1
lagupilihanterikatdan 1 lagupilihanterikat) sesuai dengan ketentuan;
c.
Pelaksanaan
lomba adalah:
Diikuti semua peserta, yang kemudian ditetapkan juara I,
II, dan IIIputradanjuara I, II, dan III putri
5.
Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
1)
Materi suara/vokal;
2)
Pembawaan
lagu
3)
Penampilan;
Catatan :AlatdanPianismembawasendiri.
C. LOMBA GERAK DAN LAGU NASIONALISME SISWA
TK
1. Peserta adalah anak-anak TK
(putra, putri atau campuran) yang tergabung dalam satu tim berjumlah 5 (lima)
orang anak;
2. Setiap kelompok membawakan
gerak dan lagu yang bertemakan Nasionalisme (gerak tidak harus sesuai dengan
lirik lagu);
3. Penampilan setiap peserta hanya
satu kali dengan iringan musik bebas;
4. Durasi waktu, maksimal 10
menit;
5. Penilaian atas penampilan
peserta di fokuskan pada aspek suara, kreatifitas gerak, penampilan, dan
kesesuaian tema;
6. Setiap kelompok peserta
menetapkan sub tema yang sesuai dan membuat sinopsis (ringkasan cerita), dan
diserahkan kepada panitia;
7. Setiap kelompok wajib
menyerahkan sinopsis yang ditampilkan sebanyak 4 (empat) rangkap dan dimasukkan
ke dalam map berwarna merah dengan diberikan label :
Kecamatan :
............................................................................
Tema :
............................................................................
VI. LAIN-LAIN :
1. Setiapkecamatanmengirimkanpeserta lomba sesuai dengan ketentuan yaitu pada tahun
pelajaran 2015/2016 masih duduk di SD maksimal Kelas V
untuklombajenjang SD, danmasihduduk di TK bagilombajenjang TK;
2. Pesertaadalahjuara
I Tingkat KecamatandibuktikandenganFoto copy SuratKeputusan/PiagamJuara I dandilegalisirKepalaDinasPendidikanKecamatan setempat;
3. Membawafoto
copy rapor yang
dilegalisirKepalaSekolah;
4. MembawabiodatasiswadenganditempeliFoto
3x4 danSurat TugasdariKepalaDinasPendidikan Kecamatan;
5. Pendaftarandilaksanakan
pada saattemutehnikdenganmembawapersyaratanpoin 2,3, dan 4.
6. PenentuanJuaradiambilJuara
I, II dan III.
7. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Demikianuntukmenjadikanperiksadanatasperhatiannyadisampaikanterimakasih.
K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar