PERMENDIKBUD

Kamis, 12 Januari 2017

CONTOH EDARAN FLS2N



...................................................


................., 16 Mei 2016

Nomor             :421.7/                                                             Kepada
Sifat                 : Segera                                                          Yth. KepalaDisdikcam
Perihal             :Petunjuk Pelaksanaan FLS2N SD, Se - Kabupaten Pati
                        Menyanyi Tunggal Nasionalisme SD, dan
Lomba Gerak dan Lagu Nasionalisme TK                                                                    (Taman Kanak-Kanak) Tingkat Kabupaten Tahun 2016



DiberitahukandenganhormatbahwaDinasPendidikanKabupatenPatiakanmengadakan Festival danlombaSeniSiswaNasional (FLS2N) SD, Menyanyi Tunggal Nasionalisme SD, danLombaGerakdanLaguNasionalisme Taman Kanak-KanaktingkatKabupatenPatitahun 2016.
 

I.       TEMA                  : 
FESTIFAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N) :         
1.   Tema                      : “Raih Prestasi, Junjung Tinggi Budi Pekerti”
2.   Sub Tema               : “Melalui FLS2N Kita Tingkatkan Budi Pekerti, Cinta Tanah Air,   
                               Apresiasi dan Kreatifitas Seni Budaya bangsa”.

II.      JENIS LOMBA   :
a.      Festifal Dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) :                 
1.      Lomba PidatoBahasa Indonesia
2.      Lomba Membuat Gambarbercerita
3.      Lomba Menyanyi Tunggal
4.      Lomba Seni Tari Kreasi Baru
5.      Lomba Kriya anyam
6.      LombaPantonim
7.      Lomba Seni Musik (Pianika)
8.      Lomba Seni Baca Al Qur’an
9.      Lomba Cipta dan Baca Puisi
10.   Lomba Lukis/Melukis
11.   Lomba Membatik
12.   Lomba Cipta Puisi
b.      Lomba Menyanyi Tunggal NasionalismeJenjang SD
c.      Lomba GerakdanLaguNasionalismeJenjangTK

III.    WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN :
Hari                    :Sabtu
Tanggal              : 28Mei 2016
Waktu                : Pukul 07.30 WIB
Tempat              : Kecamatan .............................

IV.    TEMU TEHNIK :
Hari                    : Kamis
Tanggal              : 26 Mei 2016
Waktu                : Pukul09.00 WIB
Tempat              : DinasPendidikanKabupaten..............
Keterangan        : SetiapDinasPendidikanKecamatan mengirimkan2 orangwakil.


V.     KETENTUAN LOMBA
A.     FESTIVAL DAN LOMBA SENI SISWA NASIONAL (FLS2N)
1.      LOMBA PIDATO BAHASA INDONESIA
1.1.     Topik Lomba Pidato
Topik dapat dipilih salah satu diantara lima pilihan di dawah ini:
a.   Semangat Menjadi Insan Indonesia yang Membanggakan (tujuan: mengingatkan anak bahwa siapa pun dapat menjadi insan yang membanggakan)
b.   Menyiapkan Diri Menjadi Pemimpin Masa Depan (Tujuan: mengingatkan anak bahwa untuk menjadi pemimpin masa depan yang membanggakan dapat dimulai dengan menyiapkan mental sejak sekolah dasar)
c.   Membiasakan diri Membaca dan Menulis Sejak di SD (Tujuan: mengingatkan anak bahwa dengan membaca dan menulis sejak di Sekolah Dasar, pengetahuan akan bertambah dan kepiawaian menulis dapat terlatih dan menjadi bekal masa depan)
d.   Mengenal Budaya Daerah untuk Lebih Mencintai Indonesia (Tujuan: mengingatkan anak bahwa budaya Indonesia tidak kalah dengan budaya asing)
e.   Melestarikan Budaya Bangsa Menuju Insan yang berakhlak mulia (Tujuan: mengingatkan anak agar berperilaku sesuai dengan budaya bangsa Indonesia).
1.2.     Teknispelaksanaan
a.   Babak Penyisihan:
·      Babak penyisihan diikuti oleh seluruh peserta, yang kemudian ditetapkan 6 finalis;
·      Peserta memilih salah satu topik dari lima topik yang telah tersedia;
·      Peserta menyerahkan naskah pidato kepada juri sebelum pelaksanaan lomba;
·      Peserta menyampaikan pidato disediakan waktu maksimal 10 menit (boleh membaca naskah).
b.   Babak Final
·      Babak final diikuti oleh 6 finalis, yang kemudian ditetapkan juara I, II, dan III
·      Peserta memilih salah satu topik dari lima topik yang telah tersedia, selain yang telah dipilih pada babak penyisihan
c.   Peserta diberi waktu selama 2 jam (120 menit) untuk mengonsep dan/atau menyusun sistematika/kerangka pidatonya
d.   Kerangka pidato disampaikan kepada dewan juri sebelum pelaksanaan pidato
e.   Pidato dilaksanakan tanpamembaca naskah, tetapi boleh membawa/melihat kerangka pidato yang telah dipersiapkan.
f.    Waktu yang disediakan dalam penyampaian pidato 10 s.d. 15 menit.
1.3.     Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a.   Penguasaan bahasa (penggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ketepatan lafal, tekanan kata, intonasi kalimat, dan pilihan kata yang dapat dipahami oleh anak-anak)
b.   Isi pidato (Sistematika, kesesuaian topik dan isi)
c.   Teknik pidato (a.l. dapat meyakinkan hadirin atau sekadar membaca, tergantung atau tidak tergantung pada teks)
d.   Penampilan (gaya, ekspresi gerak dan mimik, kerapian dari mulai masuk pentas s.d.keluar dari pentas)
e.   Kepercayaan diri
f.    Keaslian naskah (betul-betul ide dari peserta dan belum pernah dimuat di media).

2.      LOMBAMEMBUAT GAMBAR BERCERITA
2.1.     Topik Gambar bercerita
Topik / Tema utama: “Mengembangkan karakter dan prestasi melalui kreasi Seni”.
Yang tujuannya adalah menanamkan untuk mencintai Tanah Air Indonesia dengan segala keragaman dan kekayaan budayanya, memupuk budi pekerti dan karakter bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika.
2.2.     Ketentuan Lomba
a.   Gambar bercerita adalah gambar yang memiliki narasi-visual yang menceritakan suatu kejadian disuatu tempat, gambar menceritakannya tanpa penggunaan tulisan/teks. Biasanya ditampilkan melalui bahasa tubuh/gerak tubuh dan ekspresi wajah.
Gambar bercerita bukan komik. Gambar bercerita bukan cergam (cerita bergambar), bukan ilustrasi dari sebuah cerita tertulis. Gambar bercerita bukan rangkaian potongan-potongan gambar.
Contoh gambar bercerita, gambar yang menggambarkan suasana dan kesibukan di tempat darmawisata. Beragam kejadian dan kegiatan di tempat darmawisata itu ditampilkan dalam satu bidang gambar, sehingga dapat menceritakan suasana tanpa perlu ada penjelasan tulisan.
b.   Peserta membuat karya gambar sesuai tema/topic yang ditentukan oleh Panitia;
c.   Karya berupa gambar yang menceritakan tema (topik);
d.   Peserta mencantumkan data pada kertas gambar bagian belakang meliputi:
Nomor Peserta                        :..............................
Judul karya                              :..............................
Matrial Yang digunakan          :..............................
Kecamatan                              :..............................
2.3.     Bahan
a.   Kertas khusus gambar ukuran 40 cm x 50 cm
b.   Krayon
c.   Pensil warna (Watercolour pencils)
d.   Spidol
e.   Pensil 2 B dan 3 B
f.    Penghapus dan peraut pensil
Catatan : Peserta menyediakan bahan dan alat sendiri kecuali kertas gambar  disediakan Panitia




2.4.     Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian didasarkan pada aspek:
a. Aspek Edukasi
1) Gambar dan isi cerita sifatnya mendidik sesuai dengan norma kesusilaan dan tidak bertentangan dengan unsur PARAS (pornografi, agama, ras antargolongan, dan suku);
2) Pengetahuan dan wawasan;
3) Memahami dan mengetahui makna (tema & cerita) yang dipilih.
b. Aspek Cerita
Aspek cerita mencakup :
1) Kehidupan atau dunia anak-anak (siswa sekolah dasar);
2) Sederhana dan komunikatif;
3) Isi cerita yang dibuat dalam bentuk gambar harus sesuai dengan judul yang dipilih.
c. Aspek Gambar
Aspek gambar mencakup kreativitas :
1) Keaslian;
2) Ekspresi & daya ungkap ide atau gagasan (Kompleksitas: Kekayaan rupa/keragaman objek yang digambarkan dan keunikan);
3) Peguasaan media dan teknik yang dipilih;
4) Mampu mengkomposisikan dan menyusun unsur-unsur visual (garis, warna dan objek objek) dalam gambar dengan baik;
5) Bentuk cerita yang ditampilkan alami dan bisa dimengerti (masuk diakal).
2.5.     Waktu : maksimal 3 jam
2.6.     Penentuan Juara
Penentuan Juara berdasarkan perolehan nilai maksimal yang mengacu pada kreteria penilaian lomba, kemudian ditetapkan juara I, II, dan III

3.      LOMBA MENYANYI TUNGGAL
3.1.     Judul Lagu
a.   Lagu Wajib                   :
1) “Doa Anak Negeri” ciptaan Donny Hardono/ D. Prasetyo;
2) “Indonesia Jaya” ciptaan Chaken M;
3) “Kebyar-Kebyar” ciptaan Gombloh;
4) “Wa E Wa E O” (Kita Bisa) ciptaan Yovie Nuno & His Friends;
5) “Berkibarlah Bendera negriku” ciptaan Gombloh.
b.   Lagu Pilihan Bebas, adalah lagu daerah  yang dipilih dan dipersiapkan oleh peserta sesuai dengan daerahnya masing-masing yang liriknya sesuai usia peserta, dengan ketentuan:
1)  Menggunakan bahasa daerah setempat;
2)  Iringan musik (minus one) minimal menggunakan 2 (dua) alat instrumen etnis setempat;
3)  Iringan musik dalam format CD Audio dengan resolusi tinggi;
4)  Durasi lagu termasuk intro dan coda maksimal 5 menit;
5)  CD Audio dicoba setelah pengambilan nada dasar dan no undian;
6)  CD Audio tidak perlu dikumpulkan ke panitia. Peserta membawa sendiri CD yang akan digunakan peserta saat lomba berlangsung;
7)  Partitur lagu daerah berupa notasi (balok atau angka) dan lirik serta sinopsis dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia dikumpulkan pada saat pengambilan nada dasar dan no undian peserta di tempat lomba.


3.2.     Teknikpelaksanaan
Peserta menyanyikan :
a.   Satu Lagu Wajib Pilihan dan;
b.   Satu Lagu Daerah sesuai dengan ketentuan;
c.   Pelaksanaan lomba terdiri dari:
·      Babak pennyisihandiikuti semua peserta, yang kemudian ditetapkan 6 finalis
·      Babak final diikuti oleh 6 finalis, yang kemudian ditetapkan juara I, II, dan III
·      Finalis menyanyikan :
1)     Lagu wajib, “Andai Aku Besar Nanti” ciptaan Elfa Secioria/Vera Syl;
2)     Satu lagu daerah sesuai daerahnya. (Boleh lagu yang sama atau berbeda dengan babak penyisihan).
3.3.     Iringanlagu
Peserta dalam babak penyisihan dan final menyanyikan lagu dengan diiringi piano.
3.4.     Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a.   Materi vokal;
b.   Teknik;
c.   Ekspresi/penjiwaan;
d.   Penampilan;
e.   Kemampuan komunikasi dengan audiens.
f.    Aransemen
                               Catatan :AlatdanPianismembawasendiri.

4.      LOMBA TARI  KREASI BARU
Tari Kreasi Baru yang dimaksud adalah Menciptakan karya tari sesuai dengan usia anak, baik secara gerak, tema, kostum, tata rias serta memunculkan nilai-nilai, roh, spirit budaya setempat.
Bentuk akhir dari karya, tema yang diangkat ke dalam karya dapat tergambar dengan jelas, mengandung kekuatan tradisi lokal dan kekayaan budaya lokal tidak hanya terlihat dari ragam-ragam gerak saja namun juga terlihat pada nuansa musik, kostum, properti, adegan atau peristiwa yang terjadi di panggung.
4.1.     Ketentuan
a.   Materi yang ditampilkan adalah seni tari kreasi baru yang berakar pada budaya bangsa Indonesia
b.   Menyerahkan sinopsis tarian yang akan ditampilkan
c.   Durasi penampilan 5-7 menit
d.   Jumlah peserta 5 orang
e.   Setiap kelompok boleh terdiri atas laki-laki atau perempuan atau campuran (laki-laki dan perempuan)
f.    Musik iringan menggunakan kaset, CD atau iringan musik hidup dan disiapkan oleh masing-masing peserta
g.   Kostum tari, tata rias dan penunjang lainnya disiapkan oleh peserta, dan disesuaikan dengan tema dan usia peserta;
h.   Properti tari (benda atau alat yang digunakan penari), tidak diperkenankan menggunakan properti benda tajam, kecuali berupa imitasi yang terbuat dari bahan lunak dan aman;
i.    Pemenang terdiri dari juara 1, 2 dan 3;
j.    Keputusan Juri tidak dapat diganggu gugat.
4.2.     Tema
Mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan anak dan kekhasan atau keunikan daerah setempat, tentang cinta alam lingkungan, atau tentang kepedulian sosial, per-mainan anak dan lain-lain.
4.3.     Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a.   Koreografi (Kreatifitas dan penataan gerak yang sesuai dengan kemampuan anak dan tema);
b.   Tema (Inovasi penerapan tema dalam karya, tema sesuai dengan yang sudah ditentukan);
c.   Performance (penampilan utuh; penyampaian dan penghayatan penari terhadap tema, kesesuaian musik tari, kesesuaian kostum dan tata rias dengan tema dan usia anak).
    
5.      LOMBA KRIYA ANYAM
Kriya merupakan ekspresi ungkap seni terapan dalam berkarya yang dibuat dalam jumlah terbatas, menonjolkan teknik keterampilan mengolah material, metoda kerja, dengan hasil yang lebih mengutamakan segi nilai estetik serta keunikan dan nilai guna.
5.1.     Ketentuan
a.   Peserta membawa hasil karya yang sudah dilombakan ditingkat Kecamatan, kemudian memamerkan di tempat yang telah disediakan;
b.   Peserta wajib membuat ulang karyanya;
c.   Konsep (terdiri gambar, desain dan peralatan serta cara membuat/proses kerja) disampaikan kepada panitia sebelum pelaksanaan lomba;
d.   Peserta membuat karyanya ditempat dan waktu sesuai dengan jadwal (3 s.d. 6 jam)
5.2.     Bentuk karya
Bentuk karya kriya anyam memiliki nilai fungsi (dapat digunakan sesuai fungsi) dan estetika dengan ukuran maksimum:  panjang 40 cm x  lebar 40 x tinggi 40 cm (Boleh lebih kecil dan atau lebih besar sedikit disesuaikan dengan proporsi produk karya yang di buat)
5.3.     Bahan dan Perlengkapan
a.   Bahan dasar yang digunakan adalah bahan alam yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar, seperti : bambu, kayu, rotan, pelepah pisang, kulit, akar-akaran, tali ijuk, enceng gondok, pandan, batang padi dll. yang sudah siap anyam (tidak perlu diolah lagi);
b.   Perlengkapan/ peralatan dan bahan dibawa sendiri oleh masing-masing peserta dengan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Bahan yang digunakan material siap anyam (bukan dalam bentuk bahan dasar), tidak boleh barang jadi/rakitan/tinggal pasang;
c.   Alat yang digunakan dalam pembuatan boleh alat manual atau semi mesin (elektrik);
d.   Karya dapat diwarnai dengan bahan sintetis atau campuran (dilakukan sebelum perlombaan) kecuali finishing (melapisi karya dengan vernis, clear atau politur);
e.   Karya harus dikombinasi dengan kawat seng galvanis BWG 6 (5mm) dan atau BWG 10 (3mm), dengan catatan dominasi anyaman tetap diutamakan (komposisi kuranglebih kawat 25%, anyaman 75%).




5.1.     Tema
Terampil, kreatif dan berkarakter melalui Kriya Anyam yang memiliki inovasi modern.
5.2.     Kriteria Penilaian
a.   Kreativitas
Kesesuaian dengan ketentuan lomba dan karya yang dibuat memiliki nilai originalitas).
Inovasi (memberikan tawaran alternatif baru baik dari bentuk, bahan dan fungsi)
Keluwesan dan Kelancaran (Penguasaan sifat material yang dipilih peserta lomba terkait dengan teknik, tingkat kesulitan, dan kerumitan anyaman).
b.   Visual (Presisi, unik dan mempunyai nilai artistik)
c.   Fungsi/kegunaan produk hasil anyaman.
d.   Ekonomis (Memungkinkan memiliki nilai ekonomi)

6.      LOMBA PANTOMIM
6.1.     Ketentuan
a.      Materi pantomim yang ditampilkan berakar pada budaya bangsaa Indonesia dan tidak menyinggung Pornografi , Agama, Ras,  Antar Golongan, dan Suku (Paras);
b.      Menyerahkan sinopsis cerita yang ditampilkan;
c.      Durasi penampilan 5 – 10 menit;
d.      Jumlah peserta satu grup terdiri dari 2 (dua) orang;
e.      Peserta boleh laki-laki atau perempuan;
f.       Musik iringan menggunakan flash disc atau CD dalam format MP3 disiapkan oleh masing-masing peserta;
g.      Kostum dan make up pantomime disiapkan oleh peserta;
h.      Tidak diperkenankan menggunakan properti apapun;
6.2.     Tema
Tema lomba pantomim:
a.      "Kreasi Seni yang memancarkan prestasi dan membentuk karakter mulia" (Melalui Seni Pantomim Membentuk Pribadi yang Percaya Diri dan Kreatif)
b.      Cinta kasih (Keluarga, teman, ciptaan Tuhan, Negara);
c.      Budaya (Sopan santun, perduli lingkungan, saling menghormati, kedisiplinan).
6.3.     Kriteriapenilaian
a.    Konsep (ide dan gagasaan)
b.    Gerak (teknik dan harmonisasi)
c.    Ekspresi (imajinasi dan mimik wajah)
d.    Penampilan (make up dan lostum))
e.    Kekompakan (kreativitas)

7.      LOMBA SENI MUSIK (PIANIKA)
7.1.     Teknis Pelaksanaan
a.   Pelaksanaan lomba seni musik (pianika) ini mengacu kepada lomba menampilkan lagu-lagu yang dimainkan peserta dengan menggunakan pianika secara solo atau tunggal.
b.   Peserta wajib membawa instrumen yang dilombakan, yaitu pianika, yang memiliki wilayah nada dengan wilayah nada ± 3 oktaf sesuai dengan aransemen lagu;
c.   Kualitas pianika dari masing-masing peserta sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.
d.   Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
7.2.     Judul Lagu
a.   Lagu Pilihan Wajib terdiri dari:
1) Tanah Airku, ciptaan Ibu Sud;
2) Nyiur Hijau, ciptaan R. Maladi;
3) Rayuan Pulau Kelapa, ciptaan Ismail Marzuki;
4) Bermain Musik, ciptaan Elfa Secioria dan Dewayani;
5) Cinta untuk Mama, ciptaan Seli Pontoh dan Vidi Aldiano.
6) Doa Anak Negeri ciptaan Donny Hardono dan D.Prasetyo.
b.   Lagu Pilihan Bebas adalah lagu daerah yang dipilih dan dipersiapkan oleh peserta sesuai dengan daerahnya masing-masing dan disesuaikan dengan perkembangan usia peserta. Ketentuan untuk Lagu Pilihan Bebas adalah:
1)  Durasi lagu termasuk intro dan coda maksimal 5 menit;
2)  Partitur lagu daerah berupa notasi (balok atau angka) dan sinopsis lagu dalam Bahasa Indonesia harus sudah diterima panitia pada saat pengambilan nomor undian peserta.
7.3.     Pakaian
Peserta diharapkan tidak memakai baju daerah lengkap, tetapi menggunakan kostum dengan corak kedaerahan atau lokal dari masing-masing daerah asal peserta, misalnya; batik, tenun, songket, atau asesoris dengan corak/motif kedaerahan yang khas. Disain kostum/pakaian disesuaikan dengan perkembangan usia peserta, baik secara etis dan estetis, tanpa mengganggu ruang gerak dan kenyamanan peserta ketika tampil dalam perlombaan.
7.4.     Kriteria Penilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
a. Penguasaan materi;
b. Teknik permainan;
c. Ekspresi/penjiwaan;
d. Penampilan.
Indikator dari masing-masing aspek kriteria penilaian mencakup :
1) Penguasaan Materi :
a. Ketepatan nada dan ritme sesuai dengan partitur aransemen lagu
b. Kesesuaian tempo dengan partitur aransemen lagu;
c. Kesesuaian tanda-tanda ekspresi musik pada partitur aransemen lagu (misalnya tanda dinamika, artikulasi, perubahan tempo, dll).
2) Teknik Permainan:
a. Teknik pernafasan (intonasi);
b. Teknik penjarian;
c. Pemenggalan kalimat lagu (frasering).
3) Ekspresi/ Penjiwaan:
a. Interpretasi (pemaknaan lagu);
b. Pembawaan atau penjiwaan makna lagu;
c. Blending (harmonisasi) dan balancing (keseimbangan)
4) Penampilan:
a. Penggunaan corak lokal pada kostum yang digunakan peserta;
b. Etika peserta dalam pertunjukan;
c. Kesesuaian penampilan (kostum, tata rias, dan gerakan) dengan perkembangan usia peserta.





8.   LOMBA / MUSABAQOH SENI BACA AL QUR’AN

8.1.     Tujuan
a.    Penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman;
b.    Untuk membina dan mengembangkan minat, bakat peserta didik dalam ketepatan membaca dan kecakapan mempelajari kitab suci Al-Qur’an.
8.2.     Tema
”MTQ SD Sarana untuk meningkatkan kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur’an”.
8.3.     Pengertian Musabaqah
Musabaqah Tartil Al-Qur’an (MTQ) adalah suatu jenis lomba membaca Al Qur’an dengan martabat Murattal, yaitu bacaan Al Qur’an yang mengandung nilai ilmu membaca, seni baca dan adab membaca, sesuai dengan kaidah-kaidah Tajwid, Fashahah, Irama dan Suara yang indah dan merdu.
8.4.     Maqra’/Materi Musabaqah
Maqra’/Materi adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang harus dibaca oleh peserta yang ditentukan oleh Dewan Juri, sebagai berikut :
a.   Maqra’ terdiri atas ayat-ayat al-Qur’an dimulai dari juz 1 s.d juz 10;
b.   Qira’at yang dibaca adalah Qira’at Imam ’Ashim Riwayat Hafsh, Thariq Asy-Syathibiyyah.
8.5.     Teknis Pelaksanaan Musabaqah
a.   Musabaqah Tartil Al-Qur’an (MTQ) Tingkat SD dilaksanakan diikuti oleh seluruh peserta;
b.   Durasi nwaktu setiap peserta maksimal 7 menit;
c.   Pemenang / juara terdiri dari juara 1, 2, dan 3
8.6.     Kriteria Penilaian
Kretaria penilaian cabang Musabaqah Tartil Al-Qur’an adalah sebagai berikut:
a.   Bidang Tajwid jenis yang dinilai: Makharij al huruf, Sifat al huruf, Ahkam al huruf, Ahkam al mad Wa al Qashar. Nilai maksimal : 40.
b.   Bidang Fashahah jenis yang dinilai : Ahkam al Waqfwa al Ibtida, Mura’at al huruf wa al Harakat, Mura’at al Kalimatwa al ayat. Nilai maksimal : 30.
c.   Bidang Irama dan Suara jenis yang dinilai: Suara, Irama dan Variasi (Lagu) Tempo bacaan dan Pengaturan nafas. Nilai maksimal : 30.

9.   LOMBA CIPTA DAN BACA PUISI
Lomba Penciptaan Puisi Spontan dan Lomba Pembacaan Puisi yang digabungkan secara bersamaan, menjadi satu paket, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa agar menjadi pribadi yang lebih unggul. Cara ini diharapkan supaya siswa memiliki kreativitas plus, optimal, yakni mampu dalam menulis sekaligus mampu membaca puisi di depan publik.
Penulisan puisi dilakukan secara spontanitas, artinya siswa peserta menulis di tempat saat lomba berlangsung.
9.1.     Tema Puisi
a.      Kehidupan yang berkaitan dengan sekolah: semangat belajar, guru, teman, liburan sekolah;
b.      Kehidupan yang berhubungan dengan rumah: orangtua (ayah, ibu), hubungan dengan keluarga;
c.      Kehidupan yang berhubungan dengan masyarakat, semangat kebhinekaan;
d.      Kecintaan pada alam: laut, gunung, sungai-sungai, lingkungan, kota, desa;
e.      Membangun semangat kebangsaan, menghormati jasa para pahlawan;
f.       Mendorong semangat kecintaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

9.2.     Ketentuan Penulisan
a.      Peserta membawa alat tulis (pulpen, pensil) dan kertas;
b.      Pada saat lomba berlangsung tidak diperkenankan membawa alat komunikasi dalam wujud apapun;
c.      Saat lomba berlangsung pihak guru, orangtua, pembina atau siapa saja yang punya hubungan dengan siswa tidak diperkenankan mendekat, berkomunikasi di ruang lomba;
d.      Penilaian hanya dilakukan oleh tim dewan juri dan hasilnya tak bisa diganggu gugat.

9.3.     Kriteria Penilaian
a.      Naskah puisi harus asli, orisinal karya pribadi, bukan kutipan, jiplakan karya orang lain dan dan belum pernah dimuat di media;
b.      Kesatuan antara isi dan bentuk;
c.      Kemampuan mengolah imajinasi, metafora, personifikasi;
d.      Kemampuan menggunakan bahasa Indonesia dengan ejaan yang baik dan benar;
e.      Tidak mengandung unsur SARA.
f.       Karya puisi dari peserta wajib dibacakan oleh peserta untuk mengikuti Lomba Baca Puisi pada hari berikutnya.
9.4.     Aspek yang dinilai:
a.      Penafsiran (interpretasi) mampu memahami makna puisi.
1). Olah sukma (penghayatan) meliputi daya konsentrasi hingga ketepatan emosi;
2). Olah tubuh, bagaimana gerak tubuh, dari mimik wajah, mata, tangan dan kaki saat mengekspresikan isi puisi.
b. Vokal
1)     Artikulasi, kejelasan dalam membaca teks puisi;
2)      Intonasi, penguasaan tempo membaca, penguasaan ritme hingga penguasaan dinamika membaca.
c. Penampilan (Performance)
1)     Kostum yang digunakan bebas, rapi atau seragam sekolah dilengkapi asesoris yang menggambarkan unsur budaya daerah;
2)     Kepercayaan diri, tidak grogi dalam membaca;
3)     Tidak salah membaca teks puisi;
4)     Sikap santun, saat memulai hingga mengakhiri pembacaan puisi.
9.5      Ketentuan Pelaksanaan
a.   Waktu penulisan selama dua jam (120 menit) termasuk perbaikan naskah hingga membetulkan kesalahan huruf, agar karya tak ada coretan dan salah tulis;
b.   Panjang tulisan maksimal 40 baris;
c.   Peserta wajib melengkapi dengan membuat proses kreatif, yakni alasan menulis, darimana memperoleh inspirasi. Waktu maksimum 1 (satu) jam;
d.   Peserta wajib mencantumkan data-data berupa nama, asal kabupaten/kota pada naskah puisi maupun kertas proses kreatif;
e.   Selama lomba berlangsung juri ikut memantau, mengawasi peserta;
f.    Naskah diserahkan kepada panitia rangkap 3 (tiga) lembar

10.   LOMBA LUKIS (MELUKIS)
10.1.  Topik Lomba
Tema : “Bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai budayanya”
Sub-tema
a.   Mencintai budaya sebagai wujut cinta tanah kelahiran
b.      Budaya lokal adalah pembentuk karakter bangsa
c.      Menghargai keragaman adalah modal membangun bangsa yang besar
10.2.  Ketentuan lomba
a.      Peserta menyerahkan lukisan jadi yang telah dilombakan di tingkat kecamatan, yang merupakan asli karya sendiri.
b.      Lukisan dibuat menggunakan:
·  Kertas gambar ukuran 40 x 60 cm (disediakan Panitia)
·  Pensil, pensil warna, crayon dan cat air (bebas) (peserta membawa sendiri)
c.      Peserta membuat lukisan yang dilombakan di tempat lomba dengan waktumaksimal 3 jam
10.3.  Kriteria Penilaian
a.    Relevansi tema
b.    Kemampuan estetis
c.    Kreativitas
d.    Spontanitas dan orisinalitas

11.   LOMBA CIPTA PUISI
11.1.  Topik Lomba
Tema : “Bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai budayanya”
Sub-tema
a.      Mencintai budaya sebagai wujut cinta tanah kelahiran
b.      Budaya lokal adalah pembentuk karakter bangsa
c.      Menghargai keragaman adalah modal membangun bangsa yang besar

11.2.  Ketentuan Lomba  :
a.      Puisi ditulis dengan rapi, menggunakan kertas folio bergaris, pena/bolpoin warna hitam, minimal satu halaman.
b.      Menulis dan menandatangani Surat Pernyataan Keaslian karya puisi.
c.      Karya puisi belum pernah ditulis sebelumnya.
d.      Menggunakan Bahasa Indonesia yang estetis.
e.      Pesertamenciptapuisidi tempat lomba sesuaitema ,denganwaktumaksimal 1 jam.
f.       Kertasdisediakanpanitia

11.3.  Kriteriapenilaian :
a.   Relevansi puisi dengan tema.
b.   Kemampuan memilih diksi.
c.   Kesegaran ungkapan.
d.   Spontanitas dan orisinalitas.
e.   Keselarasan rima dan ritma.

12.   LOMBA MEMBATIK
12.1.  Topik Lomba
Tema : “Bangsa yang maju adalah bangsa yang menghargai budayanya”
Sub-tema
a.   Mencintai budaya sebagai wujut cinta tanah kelahiran
b.   Budaya lokal adalah pembentuk karakter bangsa
c.   Menghargai keragaman adalah modal membangun bangsa yang besar
12.2.  Ketentuan lomba
a.      Peserta menyerahkan karya batik yang telah dilombakan di tingkat kecamatan, yang merupakan asli karya sendiri.
b.      Membuat kain batik:
·      Ukuran kain 50 x 50 cm
·      Motif batik ornamen nusantara
·      Menggunakan canting, lilin dan pewarna
c.      Karya yang dibuat belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan dalam berbagai lomba
d.      Proses lomba membatik meliputi proses mendesain, memindahkan desain pada kain, hingga membatik (nglowong, isen dan tembok).
e.      Penilaian berdasarkan hasil akhir kain batik yang diselesaikan pada saat lomba.
f.       Peserta membuat karya batik di tempat lomba dengan waktumaksimum 3 - 6 jam
12.3.  Kriteriapenilaian :
a.   Originalitas karya
b.   Kemampuan estetis (Komposisi dan Keseimbangan)
c.   Kreativitas (ornamen utama, ornamen tambahan dan isian)
d.   Kerapian karya

B.     LOMBA MENYANYI TUNGGAL NASIONALISMEJENJANG SD
1.      Peserta
a.      Siswa aktif pada jenjang SD baik Negeri maupun swasta;
b.      SetiapKecamatansebanyak 2 pesertayaitu 1 (satu)putradan 1 (satu)putri.
c.      Peserta memakai pakaian seragam sekolah (putih-merah) dan diperbolehkan memakai asesoris bernuansa kecintaan terhadap tanah air.
2.      Judul Lagu
a.      Lagu Wajib              :
“Mars ABITA” Ciptaan Nicholas A.S.
b.        Lagu Pilihan Terikat :
1)      Indonesia Pusaka                    Ciptaan : Ismail Marzuki
2)      Tanah Airku                             Ciptaan : Ibu Sud
3)      Rayuan Pulau Kelapa             Ciptaan : Ismail Marzuki
3.      Ketentuan :
a.      Penampilan peserta dengan iringan Piano atau Organ Tunggal, atau dengan Minus One (pengiring membawa sendiri);
b.      Durasi penampilan untuk masing-masing peserta maksimal 10 menit dihitung sejak peserta naik panggung dan memberikan salam/penghormatan kepada dewan juri. (menyanyi hanya 1 kali/tidak diulang).                 
4.      Teknikpelaksanaan
Peserta menyanyikan :
a.        Satu Lagu Wajib  dan;
b.        DuaLagupilihan(1 lagupilihanterikatdan 1 lagupilihanterikat) sesuai dengan ketentuan;
c.        Pelaksanaan lomba adalah:
Diikuti semua peserta, yang kemudian ditetapkan juara I, II, dan IIIputradanjuara I, II, dan III putri
5.      Kriteriapenilaian
Kriteria penilaian dilakukan berdasarkan aspek:
1)      Materi suara/vokal;
2)      Pembawaan lagu
3)      Penampilan;
Catatan :AlatdanPianismembawasendiri.

C.     LOMBA GERAK DAN LAGU NASIONALISME SISWA TK
1.      Peserta adalah anak-anak TK (putra, putri atau campuran) yang tergabung dalam satu tim berjumlah 5 (lima) orang anak;
2.      Setiap kelompok membawakan gerak dan lagu yang bertemakan Nasionalisme (gerak tidak harus sesuai dengan lirik lagu);
3.      Penampilan setiap peserta hanya satu kali dengan iringan musik bebas;
4.      Durasi waktu, maksimal 10 menit;
5.      Penilaian atas penampilan peserta di fokuskan pada aspek suara, kreatifitas gerak, penampilan, dan kesesuaian tema;
6.      Setiap kelompok peserta menetapkan sub tema yang sesuai dan membuat sinopsis (ringkasan cerita), dan diserahkan kepada panitia;
7.      Setiap kelompok wajib menyerahkan sinopsis yang ditampilkan sebanyak 4 (empat) rangkap dan dimasukkan ke dalam map berwarna merah dengan diberikan label :
Kecamatan        : ............................................................................
Tema                 : ............................................................................

VI.    LAIN-LAIN :
1.    Setiapkecamatanmengirimkanpeserta lomba sesuai dengan ketentuan yaitu pada tahun pelajaran 2015/2016 masih duduk di SD maksimal Kelas V untuklombajenjang SD, danmasihduduk di  TK bagilombajenjang TK;
2.    Pesertaadalahjuara I Tingkat KecamatandibuktikandenganFoto copy SuratKeputusan/PiagamJuara I dandilegalisirKepalaDinasPendidikanKecamatan setempat;
3.    Membawafoto copy rapor yang dilegalisirKepalaSekolah;
4.    MembawabiodatasiswadenganditempeliFoto 3x4 danSurat TugasdariKepalaDinasPendidikan Kecamatan;
5.    Pendaftarandilaksanakan pada saattemutehnikdenganmembawapersyaratanpoin 2,3, dan 4.
6.    PenentuanJuaradiambilJuara I, II dan III.
7.    Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Demikianuntukmenjadikanperiksadanatasperhatiannyadisampaikanterimakasih.


                                                                                                K

Tidak ada komentar: