PERMENDIKBUD

Jumat, 08 Oktober 2010

BABAD

PANGERAN BENAWA

Setelah Sultan Hadi Wijaya (Jaka Tingkir) Sultan Pajang meninggal mestinya yang berhak menggantikan kedudukannya adalah Pangeran (sunan) Benowo, yang merupakan putera mahkota. Namun kenyataan berkata lain. Menurut Sunan Kudus, Aryo Pangiri lah yang berhak karena merupakan putra tertua meskipun putra menantu dan dia juga putera raja (Sunan Prawoto raja Demak). Oleh karena Sunan Kudus tetap berpegang pada pendapatnya, mak Pangeran Benowo harus rela menempati jabatan baru sebagai Bupat Jipang Panolan. Mungkin peristiwa ini yang disebut bahwa Pangeran Benowo Sakit Penggalihipun. Kemudian Aryo Pangiri dinobatkan sebagai raja Pajang, namun tidak berselang lama. Karena dalam kepemimpinannya banyak menyengsarakan rakyat sehingga tidak disukai rakyat dan banyak desakan maka Pangeran Benowo atas pertimbangan saudaranya, Senopati Sutowijoyo, merebut kembali kerajaan pajang dari tangan Aryo Pangiri dan berhasil. Aryo Pangiri kalah dan dikembalikan ke Demak bersama seluruh keluarganya. Selanjutnya Pangeran Benowo menduduki jabatan sebagai sultan namun hanya satu tahun kemudian digantikan oleh Senopati Sutowijoyo dan pemerintahan beralih menjadi Kerajaan Mataram.

Pangeran Benowo diyakini makamnya ada di dusun Maratapa Desa Wateshaji Kec. Pucakwangi, Kab. Pati Jawa Tengah Indonesia.setiap tanggal 11 Besar ( Dulhijah ) ramai dikunjungi para peziarah dari berbagai daerah. Tetapi di belakang masjid besar Demak juga ada makam Pangeran Benawa. Wallohu alam bisawab.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

nulis terus biar tahu....

Anonim mengatakan...

ok

Anonim mengatakan...

Di Solo juga ada makam Pangeran Benawa, Pak ...
Salam hangat dari Solo
Udah bikin karya CD Pembelajaran lagi ... Semangath!!

Unknown mengatakan...

Dukuh Morotopo sebelah timur Desa Lumbungmas dulu aku juga pernah kesitu

Lulu" Ramadhany mengatakan...

salam kenal pak,,,,,,lanjutkan tulisannya turut menyimak di tunggu informasinya tentang seputar pati silahkan berkunjung di blog saya yang ala kadarnya,,,aku juga asli pati.http://seputarpati09.blogspot.com/